Warna
Dasar - dasar desain grafis | hal 2 dari 4
Ditulis dan disesuaikan untuk konsumsi
oleh Idarmadi
WARNA
Pemilihan Warna adalah satu hal yang sangat penting dalam menentukan respon dari pengunjung. Warna adalah hal yang pertama dilihat oleh seorang pengunjung (terutama warna background), dan Anda bisa membuat situs anda untuk menampilkan warna dulu sementara content yang lain (text dan image) masih dalam proses download. Cara ini akan membuat kesan atau mood untuk seluruh situs itu.
Untuk mencapai design warna yang efektif, bisa dimulai dengan memilih warna yang bisa merepresentasikan tujuan dari situs Anda. Pallet warna yang anda buat sebaiknya cocok dengan pribadi dan tujuan dari situs Anda. Jika misalnya situs Anda adalah untuk situs komunitas, maka sebaiknya Anda memilih warna warna hangat untuk membuat suasana lebih santai. Jika situs Anda adalah untuk situs Informasi, dimana content akan mendominasi, maka warna sebaiknya simple dan tidak mengganggu (misalnya jangan menggunakan background kembang2 dengan warna menyolok).
Anda bisa melihat di Tabel 1 dibawah, untuk korelasi secara umum secara psikologis antara warna dan orang.
WARNA | Respon Psikologi | Catatan |
Merah | Power, energi, kehangatan, cinta, nafsu, agresi, bahaya | Warna Merah kadang berubah arti jika dikombinasikan dengan warna lain. |
Biru | Kepercayaan, Konservatif, Keamanan, Tehnologi, Kebersihan, Keteraturan | Banyak digunakan sebagai warna pada logo Bank di Amerika Serikat untuk memberikan kesan 'kepercayaan'. |
Hijau | Alami, Sehat, Keberuntungan, Pembaharuan | Warna Hijau tidak terlalu 'sukses' untuk ukuran Global. Di Cina dan Perancis, kemasan dengan warna Hijau tidak begitu mendapat sambutan. |
Yellow | Optimis, Harapan, Filosofi, Ketidak jujuran, Pengecut (untuk budaya Barat), pengkhianatan. | Kuning adalah warna keramat dalam agama Hindu. |
Ungu/Jingga | Spiritual, Misteri, Kebangsawanan, Transformasi, Kekasaran, Keangkuhan | Warna Ungu sangat jarang ditemui di alam. |
Oranye | Energy, Keseimbangan, Kehangatan | Menekankan sebuah produk yang tidak mahal. |
Coklat | Tanah/Bumi, Reliability, Comfort, Daya Tahan. | Kemasan makanan di Amerika sering memakai warna Coklat dan sangat sukses, tetapi di Kolumbia, warna Coklat untuk kemasan kurang begitu membawa hasil. |
Abu Abu | Intelek, Masa Depan (kayak warna Milenium), Kesederhanaan, Kesedihan | Warna Abu abu adalah warna yang paling gampang/mudah dilihat oleh mata. |
Putih | Kesucian, Kebersihan, Ketepatan, Ketidak bersalahan, Setril, Kematian | Di Amerika, Putih melambangkan perkawinan (gaun pengantin berwarna putih), tapi di banyak budaya Timur (terutama |
Hitam | Power, Seksualitas, Kecanggihan, Kematian, Misteri, Ketakutan, Kesedihan, Keanggunan | Melambangkan kematian dan kesedihan di budaya Barat. |
Tidak hanya palet WARNA anda match dengan isi situs, tapi Anda juga harus memilih warna yang sesuai dengan budaya pengunjung anda. Beberapa penelitian menujukkan bahwa respon setiap orang dari budaya yang berbeda akan berbeda.
Misalnya warna Oranye, secara universal, akan merepresentasikan produk yang tidak mahal, dan perayaan Halloween.
Di Amerika, warna Biru Tua merepresentasikan Kepercayaan (TRUST), tapi di Korea, Kepercayaan lebih direpresentasikan oleh warna warna Pastel, terutama Pink.
Jadi penggunaan WARNA yang cocok, juga harus didukung oleh pemahaman tentang apa arti WARNA tersebut di demografi pengunjung yang kita tuju. (Misalnya, situs dengan warna Kuning Terang di Indonesia, mungkin akan dikaitkan dengan sebuah parpol tertentu).
Open Links :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar